Wednesday, June 24, 2020

3 Tips Jitu Membuat Essay Untuk Beasiswa LPDP 99,97% Dijamin Lolos !


Dalam salah satu persyaratan didalam beasiswa LPDP adalah membuat essay yang menentukan kamu lolos atau tidak di dalam beasiswa ini, karena di dalam essay ini kita dapat menunjukan siapa identitas kita, jati diri kita, pencapaian apa saja yang selama ini kita buat, kontribusi apa saja yang telah kita lakukan terhadap indonesia, dan yang paling terpenting dari manfaat essay di beasiswa LPDP yang dibuat adalah bisa menunjukan kenapa kita yang harus dipilih oleh para penyeleksi beasiswa ini daripada orang lain atau yang bisa disebut pesaing kita yang tentunya mempunyai prestasi yang tidak kalah hebatnya dengan kita.

Didalam membuat Essay untuk beasiswa LPDP terdapat 3 point terpenting yaitu : 
  • Rencana Studi, 
  • Sukses Terbesar dalam hidupku dan 
  • Kontribusi kita terhadap indonesia 
Yang nantinya kamu harus dijabarkan secara menyeluruh, ilmiah, rasional, masuk akal dan tidak bertele-tele maka dari itu kuy kita simak penjelasannya dibawah ini :
  1. Rencana Studi, untuk poin pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak mencari informasi terhadap studi yang kita ambil diluar negeri, dan di poin ini kamu bisa menunjukan kepada para penyeleksi seberapa siap kita dalam rencana studi yang akan kita ambil nanti, Urgensinya apa untuk melanjutkan studi, Jurusan studi yang akan di ambil sebisa mungkin berkaitan dengan penyelesaian masalah dan problem yang ada di indonesia jika kamu mengambil jurusan ini, kenapa? karena uang beasiswa LPDP mengunakan uang rakyat jadi kamu harus memberikan kontribusi balik terhadap negara. universitas mana yang akan kamu pilih bisa berdasarkan ranking global, fasilitas yang kamu dapat, silabus apa saja yang di sediakan oleh universitas tersebut. dan negara mana yang akan kamu tuju dalam poin ini sebisa mungkin menunjukan keseriusan kalian dalam melanjutkan studi S2 jadi bukan alasan jalan-jalan gratis keluar negeri, dan yang paling terpenting kamu bisa menunjukan pendidikan S1 kamu linear terhadap jurusan S2 yang akan kamu ambil sehingga para penyeleksi akan menganap kamu tidak belajar dari 0 lagi ketika kuliah di luar negeri dengan beasiswa LPDP ini.
  2. Sukses Terbesar Dalam Hidupku, untuk di poin yang kedua teman-teman tidak usah panik karena standard kesuksesan dari setiap personal itu beda-beda cukup jabarkan saja kesuksesan teman-teman secara rinci, seperti rintangan yang dihadapi, strategi apa saja yang dilakukan dalam menggapai kesuksesan sehingga dari rincian yang dijabarkan akan terlihat karakter yang dicari para penerima beasiswa, seperti karakter bermental tangguh dan mempunyai perencanaan yang akurat, karena pada dasarnya dalam menyelesaikan studi tepat waktu salah satunya harus mempunyai mental seperti itu.
  3. Kontribusi Kita Terhadap indonesia, sekecil apapun hal yang teman-teman lakukan yang berdampak kepada linkungan teman-teman seperti dibidang ekonomi, sosial, budaya bisa diperhitungkan untuk mendapat beasiswa ini, dan jangan lupa jabarkan kontribusi kalian terhadap indonesia yang telah, yang sedang, dan yang akan dilakukan, misalkan kontribusi yang telah dilakukan adalah menggerakan UMKM masyarakat pedesaan dengan ekonomi kreatif jabarkan dan sebutkan permasalahan yang dihadapi dan pemecahan masalahnya, kontribusi yang sedang dijalankan misalnya menjadi voluntir pengajar anak jalanan jangan lupa jelaskan permasalahan yang kamu dapat dan  pemecahan masalahnya, dan kontribusi yang akan dilakukan biasanya setelah kamu sukses menyelesaikan studi yang didapat dari beasiswa ini kamu bisa jabarkan dengan ilmiah, rasional dan berdasarkan data.
itulah penjabaran 3 tips jitu membuat essay beasiswa LPDP semoga bermanfaat jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat, dan tetap mengapai cita dan asa kawan-kawan dalam bidang pendidikan.