Monday, March 23, 2020

Cara Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar ( KIP Kuliah ) 2020 Terbaru Buruan daftar !


Kamu ingin mendapatkan beasiswa full S1 di seluruh perguruan tinggi yang terdaftar di kemenristek dikti, dan kamu mempunyai potensi akademik untuk menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu, dan juga kamu berasal dari keluarga dengan penghasilan pas-pasan / kurang mampu, maka kamu wajib mengikuti program pemerintah ini yang bisa disebut Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah.

Jadi apa itu KIP kuliah ? KIP kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan langsung dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan dan berkomitmen untuk menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu, dan sayang sekali pendaftaran KIP kuliah ini akan berakhir pada tanggal 31 maret 2020 bulan ini, maka dari itu bagi adik-adik untuk segera mendaftar, lalu bagaimana tata cara pendaftarannya ? berikut adalah alur pendaftarannya :
  1. Adik-adik diwajibkan untuk membuka halaman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ dan para calon pelamar kip kuliah juga bisa mengunduh aplikasi plya store melalui KIP kuliah Mobile Apps.
  2. Mendaftarkan Nomor Induk Keluarga ( NIK ), Nomor Pokok Sekolah Nasional ( NPSN ), dan mendaftarkan email yang aktif setelah itu sistem akan memvalidasi kelayakan apakah kamu berhak mendapatkan KIP kuliah atau tidak.
  3. Jika validasi selesai dan kamu dinyatakan layak untuk menerima program Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) kuliah kamu akan dikirimkan dari sistem yaitu Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  4. Selanjutnya adik-adik diharuskan menyelesaikan pendaftaran Kartu Indonesia Pintar dan diwajibkan memilih proses seleksi ( SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/MANDIRI)
  5. Selanjutnya bagi siswa yang diterima program KIP Kliah dan diterima dalam proses seleksi perguruan yang dituju akan mendapatkan verivikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan untuk mendapatkan KIP Kuliah dari pemerintah.
Lalu benefit apa saja yang akan diterima oleh para siswa yang diterima di program kip kuliah ini ?
  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, jadi adik-adik tidak dipusingkan oleh biaya pendaftaran yang menurut admin sangat mebebani kalau adik-adik dari keluarga pra sejahtera.
  2. pembebasan uang biaya kuliah sampai adik-adik lulus kuliah.
  3. Bantuan biaya hidup sebesar 700 rb yang nantinya akan di transfer ke rekening pribadi yang telah didaftarkan program kip kuliah sehingga adik-adik bersemangat untuk belajar dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.
Itulah cara pendaftaran Kartu Indonesia Pintar ( KIP kuliah ) terbaru 2020 semoga bermanfaat dan jangan lupa share informasi ini ke sanak saudara yang ingin melanjutkan kuliah tetapi kurang dalam hal ekonomi semangat menggapai asa.