Thursday, January 9, 2020

Tips Suskes Memilih Jurusan Kuliah Agar Kamu Tidak Gagal Saat Kuliah


Pembukaan pendaftaran perguruan tinggi / universitas telah dibuka, para calon mahasiswa disubukan dengan berbagai Tes, Bimbel, Try out yang dimana akan  menambah kemungkinan untuk lolos di universitas baik di universitas negeri maupun swasta, sebenarnya ada faktor yang lebih utama yang harus kamu pertimbangkan, apakah itu ? yaitu penentuan jurusan yang akan kamu pilih nanti, iya karena dari pemilihan jurusan itu akan menentukan kesuksesan kamu untuk lulus di dunia perkuliahan.
lalu faktor apa saja yang membuat kamu salah jurusan ? berikut adalah uraian singkat dari kuykampu.com :
  • Pilih jurusan ikutan temen, yang dimana di budaya indonesia ikut-ikutan masih menjadi alternatif pemikiran agar tidak ribet, misalnya si A meilih jurusan akuntansi dan kamu ingin masuk akuntansi juga karena kamu ingin bersama terus dengan teman bahkan pacar, kamu tidak memilih berdasarkan Minat, Pasion, dan hobby kamu, sehingga dapat menyulitkan kamu untuk sukses di dunia perkuliahan.
  • Disuruh orang tua. ini juga masih hal yang sangat diusung di negeri +62 ini, karena orang tua menyarankan jurusan kuliah terhadap anak yang tidak di sukai oleh anak tersebut, seperti kamu harus masuk jurusan akuntansi agar kamu mendapat kerja di perbankan, menjadi pns, kerja di pabrik di bagian administrasi / keuangan padahal si anak sangat ahli di bidang editing vidio, konsep kreatif, jago skill musik, Hello ? jaman sekarang sudah berbeda, kalau zaman dahulu di indonesia masih relevan karena memang industri kreativ masih sangat jarang di temui di era soeharto, tetapi kita sudah masuk di era industri 4.0 yang untuk sukses tidak harus bekerja di pabrik / kantor atau menjadi PNS, kemungkinan dan peluang bisnis bisa di tangkap di era sekarang.
  • Kurang info tentang jurusan yang dituju, seperti yang kita ketahui masuk jurusan yang langka dan populer merupakan kebanggaan tersendiri, tetapi apakah kamu tahu seluk beluk dari jurusan itu ? tugas-tugas apa saja yang akan menanti kamu di perkuliahan, tipe pekerjaan apa saja yang relevan dengan pekerjaan itu ?
Itulah hal yang menyebabkan kamu salah jurusan  yang telah dirangkum oleh kuykampu.com, lalu apa saja yang harus kamu lakukan agar kamu Sukses Memilih Jurusan agar kamu tidak gagal saat kuliah ?
berikut adalah tipsnya dari kuykampus.com :
  1. Menyesuaikan Jurusan Dengan keinginan, kunci sukses yang pertaman adalah kamu suka dan minat dengan jurusan yang kamu ambil, karena dari rasa suka timbul rasa sayang yang menyebabkan kamu lebih antusias menggali ilmu dan benefit yang dihasilkan dari kamu diterima di jurusan ini, contoh : kamu berbakat dan sangat menyukai hal di dunia musik, tentunya kamu cocok masuk kesenian musik, arranger musik dll yang berkaitan dengan musik.
  2. Motivasi diri, motivasi diri juga merupakan kunci sukses untuk memilih jurusan kuliah agar kamu antusias menyelesaikan pendidikan kamu.
  3. Melihat potensi diri, misalnya kamu ingin masuk jurusan dokter, tetapi kamu tidak mempunyai kemampuan di pelajaran IPA pada saat SMA tentunya akan menyulitkan langkahmu untuk sukses di jurusan itu, maka dari itu kenali potensi diri dan kemampuan yang kamu miliki agar kamu tidak terkendala di dalam perkuliahan.
  4. Menyesuaikan kemampuan kepribadian yang kamu miliki, kenali kepribadian kmu lebih dalam karena di setiap jurusan yang kamu tuju sangat berkaitan dengan kepribadian kamu, contohnya kamu seseorang yang pandai menggali informasi, suka pekerjaan lapangan, dan senang dengan kecakapan komunikasi maka kamu cocoknya di jurusan jurnalis, public relation, dll yang dimana jurusan tersebut kurang cocok untuk orang yang pendiam.
  5. Prospek Kerja, selain suka dan potensi kamu mumpuni di jurusan yang kamu ambil, kamu juga harus menggali prospek kerja kedepannya ketika kamu lulus di jurusan tersebut, seperti jurusan akuntansi dan keuangan cocok untuk jiwa kamu yang ingin bekerja kantoran, perbankan, akuntan publik, auditor dll, dan contoh lainnya jurusan marketing komunikasi yang kedepannya di perkirakan kamu bisa mengambil Digital Marketing, Publik relation, dll.
Itulah tips sukses memilih jurusan agar kamu tidak salah jurusan dan tidak gagal saat kuliah, semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa tetap bersemangat untuk menggapai asa