Wednesday, November 20, 2019

Inilah Kisi-Kisi Pertanyaan Sidang Skripsi Dan Jawabannya Agar Kamu Mendapat Nilai A


Seperti yang kita ketahui bahwa sidang skripsi merupakan jalan terakhir yang akan kamu tempuh sebelum kamu diwisuda, banyak yang harus di persiapkan seperti materi skripsi, kesehatan dan mental yang kuat untuk menghadapi dosen penguji, dan banyak mahasiswa memperkirakan pertanyaan yang akan di ujikan oleh dosen penguji, sebelum lanjut kamu bisa mempelajari trik agar skripsi kamu cepat selesai di sini.

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan umum dosen penguji untuk skripsi kamu :

1. Judul Skripsi/Penelitian
Ketika kamu ditanya apa judul skripsimu diusahakan menjawab jelas dengan penuh percaya diri diusahakan dengan suara alto, jika kamu hafal judulnya bagus, tapi jika kamu tidak hafal kamu bisa membacanya di booklet pegangan kamu disaat sidang.

2. Mengapa Saudara Tertarik dan Meneliti Judul Skripsi Tersebut ?
Untuk Menjawab pertanyaan tersebut kamu harus menjawab dengan secara ilmiah, jangan berdasarkan pendapat yang tidak mendasar, agar bisa meyakinkan para dosen penguji bahwa kamu benar-benar serius dalam mengerjakan skripsi tersebut.

3. Dariman saudara menemukan masalah di penelitian ini ?
Karena disetiap penelitian berangkat dari suatu masalah maka kamu harus menjelaskan dari penelitian tersebut menemukan masalah-masalah yang harus dipecahkan dengan melaksanakan observasi dan melakukan studi pendahuluan terkait masalah tersebut.

4. Apa Yang Melatarbelakangi saudara tertarik untuk meneliti masalah tersebut ?
Jika kamu ditanya seperti ini maka jawabannya ada di latar belakang masalah, dan rata-rata di latar belakang masalah itu ditulis secara deskriptif maka kamu harus mencari poin-poin penting dengan menjelaskan poin per poin agar terdengar terstruktur oleh dosen penguji.

5. Apa tujuan penelitian saudara ?
Untuk pertanyaan seperti ini kamu hanya perlu mengemukakan dengan poin-poin penting tanpa harus menghafal, karena itu sudah kamu tulis di skripsimu, ingat kemukakan dengan terstruktur agar para dosem penguji mengerti.

6. Mengapa saudara memilih tempat ini untuk penelitian saudara ?
Untuk pertanyaan seperti ini kamu jangan menjawab "karena dekat rumah, karena akses jalan bisa ditempuh dengan singkat dll " diharapkan jangan menjawab seperti itu, cari jawaban yang ilmiah, seperti cari keistimewaan tempat tersebut dengan mengungkapkan penemuan masalah yang kamu temui disana dengan penelitianmu.

7. Apa perbedaan antara unit analisis dan responden ?
Kamu bisa menjawab untuk pertanyaan ini dengan unit analisi adalah suatu satuan yang diteliti bisa kelompok maupun individu yang di peruntukan untuk subjek penelitian contoh : jika kamu meneliti kelompok pramuka di suatu sekolah maka unit analisisnya adalah kelompok pramuka dan siswanya yang dijadikan responden, jadi unit analisis adalah level yang akan kita teliti.

8. Perbedaan data dan informasi itu apa ?
Pertanyan ini kamu bisa jawab data adalah sekumpulan fakta mentah sedangkan informasi adalah hasil dari pengolahan data mentah yang sudah di analisis.

9. Apa perbedaan data primer dan data sekunder ?
Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan oleh para dosen penguji maka kamu bisa menjawab, data primer merupakan data utama yang digunakan untuk solusi masalah penelitian, sedangkan data sekunder merupakan data pendukung contoh : kamu mengambil data penelitian memaki metode quesioner itu adalah dat utama dan jika kamu ingin mengetahui jumlah populsi suatu tempat, misal jumlah petani dll kamu bisa meminta ke instansi terkait agar mendapatkan data yang sudah terdokumentasikan itu adalah data sekunder.

10. Jelaskan populasi dan sampel
Untuk pertanyaan ini tidak usah dihafal, segera kamu buka skripsi kamu dan lihat tabel dan populasi didalam skripsimu dan jelaskan mengapa kamu memilih populasi dan sampel tersebut secara jelas dan mudah dipahami oleh dosen penguji.

11. Apa penemuan dari penelitian yng saudara lakukan ?
Pertanyan ini bisa kamu jawab di bab kesimpulan, karena sudah tertera jelas di bab kesimpulan yang kamu buat, tidak usah dihafal, jelaskan saja poin per poin agar mudah difahami oleh dosen penguji.

12. Apa kesimpulan dari hasil penelitian anda ?
Untuk jawabannya adalah harus sesuai dengan hipotesis yang kamu buat, jangan dijelaskan poin per poin, contoh : terdapat hubungan yang siginifikan antara variabel x dan variabel y, jelaskan variabel x itu apa dan variabel y itu apa, sehingga hipotesis dapat diterima.

Itulah kisi-kisi pertanyaan sidang skripsi yang umum dilakukan diberbagi universitas, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kamu yng sedang skripsi, ingat jangan lupa berdoa dan meminta restu orang tua agar dimudahkan jalan untuk meneyelesaikan tugas akhir, semangat menggapai asa.